Home » , , » ciri-ciri ponsel Android yang terkena infeksi malware/virus

ciri-ciri ponsel Android yang terkena infeksi malware/virus

Written By imamblogger on Selasa, 14 Mei 2013 | 22.05

Bagaimana sih ciri-ciri ponsel Android yang terkena infeksi malware atau virus?

1. Ponsel mati tiba-tiba

Malware dapat mempengaruhi panggilan yang sedang berlangsung atau yang masuk. Ponsel yang mati mendadak atau panggilan putus tanpa sebab yang jelas bisa jadi karena tiga hal: jaringan operator Anda buruk, ponsel Anda disadap, atau karena malware.

2. Ponsel kinerja lambat

Kinerja ponsel jika digunakan sepadan dengan kemampuan kinerjanya, ponsel akan lancar saja. Namun, jika Anda sudah menggunakan sesuai kemampuannya, tapi tetap lemot, bisa jadi perangkat Anda disusupi malware.

3. Baterai cepat habis

Android Anda tak banyak dipakai, namun baterainya mudah terkuras. Malware biasanya secara misterius menguras baterai lebih cepat dibanding biasanya. Itu biasanya karena adware, ataupun malware serupa spam. Adware ini agresif menampilkan beragam iklan, yang daya serap baterainya seperti menjalankan aplikasi.

4. Pemakaian data membengkak

Malware sering menyusupi konsumsi data Internet perangkat Android. Periksa tagihan langganan data Anda. Perubahan yang mencolok, baik dalam download maupun upload, bisa menjadi tanda bahwa ada pihak lain yang mengontrol perangkat Anda. Pakailah aplikasi pemantau data untuk mengukur konsumsi data Anda.

5. Tagihan telepon membengkak

Malware pada Android sering menginfeksi perangkat dan mulai mengirim SMS ke layanan premium. Anda bisa cek tagihan atau pemakaian pulsa untuk mengetahui detailnya, apakah Anda melakukan SMS atau panggilan yang misterius dari perangkat Anda.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah malware pada ponsel Android Anda?

Hapus aplikasi yang sering rewel. Biasanya aplikasi ini yang disusupi malware. Bahkan, walau aplikasi sudah dihapus,malware mungkin masih ada.

Langkah kedua adalah menyetel ulang ponsel Anda (reset). Masuk ke menu setting, lalu pilih reset as default alias mengembalikan pengaturan seperti pengaturan dari pabriknya.Reset ini akan menghapus memori perangkat dan aplikasi Anda.
 
Sumber: Rumpitekno.com