Home » , , , » 5 Keunggulan BBM dibanding iMessage

5 Keunggulan BBM dibanding iMessage

Written By imamblogger on Minggu, 14 April 2013 | 08.52

BlackBerry Messenger atau yang lebih Anda kenal sebagai BBM telah bertahun-tahun memanjakan pengguna BlackBerry dan kembali hadir untuk memperkuat BlackBerry 10 handset dengan tambahan fitur BBM Video chat.

Dengan BBM Anda semakin mudah terhubung dengan kawan, saudara dan yang tak kalah penting, BBM sepuasnya gratis dengan data plan. BBM juga menjadi salah satu kunci kekuatan BlackBerry.

Kemampuannya untuk mengirim pesan ke sesama pengguna BlackBerry bahkan bisa disebut telah menginspirasi Apple untuk membuat layanan serupa bagi pengguna iOS devices: iMessage.

Well, barangkali tujuan dibuatnya kedua aplikasi tersebut tidak terlalu beda tetapi dibandingkan iMessage, dalam banyak hal BBM lebih unggul.

1. Avatar, status, dll.
Adanya kemampuan setting avatar dan mengubah status barangkali bukan merupakan fitur utama BBM. Tapi harus diakui kedua fitur tersebut sering digunakan oleh pengguna BBM dan bahkan menjadi fitur favorit. Di BBM, avatar atau display picture bisa Anda set dengan sembarang image, baik foto maupun animasi GIF. Anda juga bisa mengganti status BBM sesering yang Anda mau.

Jika Anda ingin menyampaikan hal penting dalam kalimat singkat, Anda bisa memanfaatkan status BBM dibanding harus mengirim broadcast message ke semua contact BBM. Bagi pengguna iMessage, barangkali mereka saat ini benar-benar menginginkan fitur serupa hadir di iPhone.

2. BBM Groups
Tentu saja iMessage juga memiliki fitur chatting untuk grup tetapi perlu dicermati bahwa ada perbedaan antara grup di BBM dan di iMessage. Dengan BBM Group, fungsi chatting BBM berubah total karena lebih terpercaya sebab anggota grup adalah orang-orang tertentu yang telah diijinkan menjadi anggota.

BBM Group memungkinkan Anda untuk chat dengan sesama contact BBM yang masuk dalam grup yang sama. Meski saling chat dengan member grup lain, BBM Group tidak akan hilang dan masing-masing contact bisa bertukar calendar appoinments, foto, daftar, dan konten lain dengan seluruh anggota BBM Group. Anda juga bisa membuat sebanyak-banyaknya grup BBM sesuai yang mau; grup keluarga, kantor, online shopping, dll.

Jika Anda tidak begitu suka menggunakan BBM Group, Anda bisa membuat Group Chat. Fitur ini berbeda dengan BBM Group. Group Chat memiliki fitur yang lebih sedikit dibanding BBM Group namun bisa bekerja lebih baik karena fungsinya untuk membantu Anda sharing informasi tanpa harus membuat Group BBM. Artinya, setelah berbagi informasi, grup chat bisa ditiadakan atau tidak tersimpan seperti BBM Group.

3. BBM Video Call dan Screen Share
Di poin ini BBM jelas lebih unggul dibanding iMessage. BBM versi baru yang dihadirkan di BlackBerry OS 10 memiliki kemampuan video call antar contact BBM plus kemampuan baru yang disebut Screen Share.

Sebut saja Apple memiliki Facetime (jelas tanpa kemampuan sharing screen) tetapi tentu saja fitur tersebut bukan bagian dari iMessage sementara Screen Share adalah salah satu fitur yang ada di dalam BBM versi baru.

4. Sinkronisasi BBID
Sinkronisasi BBID adalah fitur baru yang diberikan BlackBerry untuk BBM. Dengan fitur ini maka BBM menjadi lebih baik. Jika sebelumnya backup dan restore BBM contact dan group cukup merepotkan, kini semua bisa dilakukan dengan sangat mudah berkat adanya BBID synchronization.

User bisa mensinkronisasikan BBM contact dan group dengan BlackBerry ID sehingga saat saat ganti BlackBerry handset Anda tinggal login ke akun BlackBerry dan semua kontak akan secara otomatis tersinkronisasikan.

Sebagai perbandingan, tentu saja iOS memiliki kemampuan backup dan restore tetapi tidak semulus dan semudah BBID. Satu lagi, jika Anda tidak memantau atau mengeset backup tersebut, Anda bisa kehilangan seluruh contact iDevice. Sebaliknya, dengan BBID semua terkontrol otomatis.

5. Customize warna BBM chat, dll
Fitur ini bisa saja dianggap remeh tetapi harus diakui bahwa tidak sedikit pengguna BBM yang meluangkan waktu untuk custom BBM dengan warna-warna yang mereka suka. Anda bahkan bisa mengatur warna buble chat untuk masing-masing contact sehingga tidak khawatir salah kirim pesan BBM ke contact lain.

Tak hanya itu, BBM juga terintegrasi dengan SMS sehingga kesalahan atau tidak sengaja kirim SMS yang telah ada di list BBM contact tidak akan terjadi. Di iMessage, Apple mengakali masalah serupa dengan setting iMessage dengan warna buble biru, sementara SMS buble berwarna hijau. Sangat tidak efektif? Anda boleh menjawabnya.
 
Sumber: http://www.ligaponsel.com