Home » , , » HTC Windows Phone 8X

HTC Windows Phone 8X

Written By imamblogger on Selasa, 30 April 2013 | 07.35

Ini dia salah satu produk jagoan HTC berbasis sistem operasi terbaru Windows Phone 8. Meluncur bersama-sama HTC Windows Phone 8S, WP8 ala HTC versi lebih murah, ponsel pintar satu ini sepintas tampak seperti Nokia Lumia 920, hanya saja tampil dengan bodi lebih tipis.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah layarnya yang berteknologi Super LCD 2 dengan proteksi Gorilla Glass 2 dan anti pantulan cahaya matahari. Layar itu berukuran 4,3 inci dengan kualitas HD.

Apa lagi yang bisa ditawarkan ponsel seharga kurang lebih Rp5,75 juta ini?

Bagi yang menyukai ponsel berbodi tipis, HTC Windows Phone 8X boleh menjadi pilihan. Penampilannya juga elegan, dengan unibodi berbahan polycarbonate yang kesat, nyaman digenggam. Tidak seperti ponsel pintar pada umumnya, sudut-sudut bodi dibuat meruncing. Tidak ada tombol fisik pada bagian muka HTC 8X. Untungnya, kinerja layar sentuh sangat responsif dan nyaman digunakan. Anda bisa menyalakan getaran pada keyboard untuk meminimalisir typo alias salah ketik.

Di sisi belakang, terdapat kamera 8 MP disertai flash LED, dan corong speaker di bagian bawah, minim ornamen. Tombol Power/Lock dan audio jack 3,5 mm dipusatkan di bagian atas, sementara slot kartu micro SIM, tombol +/-, dan shutter kamera berada di sisi kanan. Port microUSB untuk keperluan isi ulang baterai dan transfer data terletak di bagian bawah ponsel.

Layar dan tampilan antarmuka bicara layar, untuk HTC 8X cukup memuaskan. Resolusi gambar yang ditampilkan pun berkualitas HD, resolusi maksimal 720 x 1280 piksel dan 342 ppi. Layar itu hadir dengan proteksi Gorilla Glass 2, yang 20 persen lebih tipis dari pendahulunya dan lebih sensitif, serta tidak memantulkan sinar langsung meski berada di luar ruangan atau di bawah matahari. Jika sebelumnya Anda menggunakan Windows Phone 7.5 Mango, tidak banyak perubahan pada HTC 8X. Hadir dengan susunan tile di menu utama, sistem operasi ini menghadirkan keseluruhan menu dengan menyapu layar ke sisi kanan. Setelah itu, maka semua aplikasi akan hadir di menu ini dalam posisi memanjang secara vertikal.

Anda juga bisa mengubah posisi pada menu utama. Namun, tidak bisa sembarang menambah aplikasi atau shortcut ke laman depan, tidak seperti OS Android.

Itu pun beberapa hanya versi demo, misalnya Asphalt 5. Tapi, secara ekslusif, Windows Phone 8X memiliki akun Xbox, yang mana penggunanya bisa bermain game secara real-time dengan pengguna WP lain dan konsol game Xbox. Cukup membeli game di Store dengan harga mulai dari gratis, Rp8.000an, Rp25.000-an, sampai Rp43.000-an.

Mirip Google PlayStore, Store di HTC 8X juga berisi beragam aplikasi dan game.

Ada aplikasi bernama Find My Phone, yang memungkinkan Anda menemukan ponsel yang hilang. Anda bisa mengetahui jejak ke mana ponsel Anda pergi. Anda juga bisa sekadar menghapus data penting dari jarak jauh cukup dengan SMS. Selain itu, terdapat Kid's Corner. Di sini, Anda bisa memilah-milih aplikasi mana saja yang ingin dinon-aktifkan sebelum dipinjamkan ke anak Anda.

Karena, fitur Office di dalamnya cukup lengkap. Anda bisa langsung membuat file Word dan Excel baru jika mau. Dan, sangat mudah sinkronisasi dengan Office 365 jika Anda sudah memiliki akunnya.


HTC Windows Phone 8X mengandalkan kamera berkemampuan sensor 8 MP, yang bisa menghasilkan gambar cukup besar, resolusi maksimal 3264x2448 piksel. Kualitas yang dihasilkan boleh diacungi jempol, karena autofocus bisa bekerja terus selama merekam, tidak patah-patah, dan dibekali audio stereo. Untuk kamera depan, HTC membenamkan kamera 2,1 MP, yang juga bisa merekam video Full-HD. Lebih dari cukup jika Anda hanya menggunakannya untuk video-chat atau video-call. HTC Windows Phone 8X tidak dilengkapi radio FM. Untuk musik, ponsel pintar ini sangat terbantu dengan teknologi BeatsAudio. Anda bisa menikmati musik dengan headset nirkabel berkat teknologi Bluetooth A2DP.

Kinerja, Berkat prosesor Krait dual-core dengan kecepatan clocking 1,5 GHz, performa Windows Phone 8X secara menyeluruh di atas rata-rata ponsel pintar yang ada. Saat dites dengan Antutu Benchmark, skor yang dihasilkan 11485, jauh di atas Windows Phone 8S. Mungkin, bisa disejajarkan dengan iPhone 4S ke atas dan Galaxy S3 ke atas.

Begitu pun dengan tampilan antarmuka dan suguhan grafis oleh Adreno 225. Memuaskan. Untuk menyokong aktivitas ponsel ini, terdapat baterai Li-Ion berkapasitas 1800 mAh, yang tidak bisa diganti atau dilepas.